HASIL LAPORAN OBSERVASI PENELITIAN SOSIAL

Tulisan ini Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan yang mencakup perubahan sosial dari zaman dahulu dan zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di daerah Pancur kecamatan pancur kabupaten Rembang, Jawa Tengah.Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang, peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Di daerah Pancur sangat sulit menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sangat sulit sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.Berikut ini perubahan yang ter jadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.
#Arsitektur Rumah zaman dahulu dan 
zaman modern.
* Rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah jaman dahulu memiliki arsitektur yang sangat unik dan punya banyak makna. Rumah zaman dahulu r Deeata-rata terdapat di desa. Berikut ini jenis-jenis rumah jaman dahulu:
 -Rumah Joglo
 -Rumah Limasan
 -Rumah Panggang Pe

•Berikut Contoh Gambar Rumah Joglo Zaman Dahulu:

(Di potret oleh Aldi Putra P.,16 September 2023.). Rumah joglo diatas milik ibu Ruk yang beralamat di Desa.wuwur rt5/rw2 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Rumah Joglo adalah rumah adat dari Jawa Tengah yang pada umumnya dibangun dengan menggunakan kayu jati.

Ciri khas rumah Joglo dapat dikenali pada atapnya yang berbentuk tajug atau semacam atap piramida yang mengerucut.
Sejarah Rumah Joglo
Rumah Joglo merupakan sebuah simbol yang menunjukkan status sosial masyarakat Jawa zaman dulu.

Maka dari itu, meski dikenal sebagai rumah orang Jawa pada zaman dulu, tidak semua masyarakat Jawa mampu membangunnya.

Orang yang mampu memiliki rumah joglo adalah masyarakat yang status sosialnya tinggi dan kemampuan ekonominya lebih.

Hal itu dikarenakan bahan yang digunakan untuk membangun rumah joglo adalah kayu jati yang kualitasnya sangat bagus dan harganya mahal.

Selain itu, biaya pembangunannya juga tinggi karena waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah Joglo sangat lama.

Maka tidak heran apabila zaman dulu hanya raja, bangsawan, dan orang kaya yang mampu membangun rumah Joglo.

* Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:.
 - Gaya klasik modern.
 - Gaya minimalis.

•Berikut Contoh Gambar Rumah Klasik Modern Zaman Modern:

(Di potret oleh Ainul Yaqin.,16 September 2023.). Rumah modern diatas milik Bapak Tuken yang beralamatdi Desa. Punggurharjo rt1/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
 
Rumah klasik modern atau modern classic adalah sebuah konsep tatanan rumah yang menghasilkan gaya baru dengan estetika yang menawan bagi rumah komersial. Gaya ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang menampilkan tampilan nan elegan. Bangunan rumah modern banyak di temui di kota besar maupun di desa. Rumah klasik modern banyak di sukai karena rumah nya yang estetik dan bahan-bahan rumah harganya juga terjangkau.

# Gaya Pakaian Zaman Dahulu dan Zaman Modern.

* Pakaian zaman dahulu waktu itu masih berbentuk kebaya. Nenek-nenek zaman dahulu lebih suka memakai kebaya dan jarik karena kebaya merupakan pakaian tradisional dari Jawa pada zaman dahulu selain di gunakan sebagai pakaian sehari-hari kebaya juga bisa menjadi ikonik orang Jawa.

•Berikut ini adalah gambar pakaian zaman dahulu:



Sebutan "Kebaya" merupakan kata yang berasal dari "Abaya" yang artinya jubah atau pakaian. Pakaian identik yang dipakai perempuan Indonesia ini melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan keteguhan perempuan Indonesia.

* pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.

...


#Prabotan Rumah Tangga Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang.

*Perabotan zaman dahulu pembuatan perabotan zaman dahulu masing menggunakan atau memanfaatkan alam. Misal saat membuat perabotan yang masih menggunakan alam yaitu:
1. Gentong tanah liat.
2. Kuali tanah liat.
3. Tungku kompor.
• Berikut contoh gambar prabotan zaman dahulu.
1.) Gentong tanah liat.

(Di potret oleh Abi Bayu M.,16September 2023.). Gentong diatas milik Mbah sri yang beralamatdi Wuwur rt5/rw2 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
genuk jaman kuno
• terbuat dari tanah liat
 •pertama,jenis tanah liat dan mengolah tanah agar bisa dibentuk.
•Kedua, mulai tahap berkreasi dengan menentukan bentuk tanah liat untuk dijadikan suatu kerajinan.
•Ketiga, tanah liat yang sudah dibentuk harus dikeringkan sampai teksturnya mengeras.
•Keempat, yaitu tahap finishing untuk mengecek kembali kualitas kerajinan tanah liat, sebelum nantinya digunakan atau dijual.
2.) Cobek.

(Di potret oleh Aldi Putra P.,16 September 2023.). Prabotan zaman dahulu(cobek) diatas milik Bu. Suparti yang beralamatdi Wuwur rt5/rw2 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

perubahan sosial dalam memasak salah satunya adalah ulek-ulek jaman dulu sama blender jaman sekarang.
Kaman semakin maju teknologi semakin canggih manusia membuat produk yg lebih praktis di gunakan orang orang jaman dulu menghaluskan bumbu menggunakan ulek-ulek yang terbuat dari batu namun jaman sekarang orang-orang lebih suka menggunakan blender karena lebih praktis. tapi tak jarang juga orang-orang yang masih mengunakan ulek-ulek karena di cita rasa yang di dapat berbeda.
3.) Radio

(Di potret oleh Reno Santoso .,16 September 2023.). Radio diatas milik mas renose sendiri yang beralamatdi Desa.Joho gunung rt1/rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Radio adalah media komunikasi yang mampu menyampaikan pesan atau informasi dari komunikator ke komunikan dalam bentuk suara.
Radio FM merupakan salah satu jenis radio yang sudah ada sejak lama. Radio FM inilah yang sering Anda dengar baik di mobil ataupun menggunakan radio lawas. Pertama kali dikembangkan dan ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895, radio terus berkembang dan bertahan hingga kini.

Radio FM atau disebut juga radio analog bekerja di frekuensi FM (Modulation Frequency), setelah sebelumnya bekerja di frekuensi AM (Amplitude Modulation). Frekuensi AM dinilai tidak stabil dan tidak bisa ditangkap dari jarak jauh, sehingga akhirnya dikembangkanlah radio yang bekerja di frekuensi FM.
*Perabotan zaman sekarang. Prabotan zaman sekarang di buat dengan bahan alumunium ataupun stainless steel. Misalnya barang yang terbuat dari alumunium ataupun stainless steel yaitu:
1.Magic Com.
2.Panci.
3.Televisi.
•Berikut contoh gambar prabotan zaman sekarang.
1.) Magic com.

(Di potret oleh Abi Bayu M.,16 September 2023.). Magic com diatas milik Suparti yang beralamatdi Wuwur rt5/rw2 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Magic com adalah inovasi paling canggih dari alat penanak nasi. Magic com ibarat gabungan dari rice cooker dan magic jar. Magic com mampu menanak sekaligus menghangatkan. Zaman sekarang banyak masyarakat yang menggunakan bahan alumunium ataupun stainless steel, mungkin mereka belum tahu bahayanya ketika mengolah makanan kecampur dengan aluminium. Berikut bahayanya makanan ketika dimasak dan terkena bahan alumunium ataupun stainless:
1.Penyakit demensia
2.Alzheimer
3.Hingga penyakit ginjal.
2.) Ember plastik 


(Di potret oleh Aldi Putra P., 16September 2023.). Ember plastik diatas milik ibu Suparti yang beralamatdi Desa. Wuwur rt5/rw2 kecamatan pancur kabupaten Rembang.
Selain itu, kebanyakan masyarakat menggunakan Ember Plastik pun juga karena sifatnya yang multifungsi, seperti bisa digunakan untuk menempatkan pakaian kotor, bak mandi alternatif, hingga sebagai tempat menyimpan barang perintilan.
3.Tv Digital (Android).

(Di potret oleh Reno Santoso.,16 September 2023.). Tv Digital diatas milik Bu. Suparti yang beralamatdi Desa. Wuwur rt5/rw2 Wuwur kecamatan pancur kabupaten Rembang.
televisi adalah salah satu media publik yang memiliki tiga fungsi sebagai alat komunikasi massa,fungsi tersebut adalah fungsi informasi, fungsi pendidikan dan fungsi hiburan.Televisi terbuat dari bahan plastik yang bersifat keras untuk melindungi jaringan didalamnya serta ditambah lempengan besi sebagai kerangka.Televisi juga berguna untuk menambahkah ilmu pengetahuan mereka akan berita yang diserap oleh masyarakat yang menggunakan media tersebut.Dengan adanya televisi dirumah bisa menambah keharmonisan rumah tangga.
Demikian hasil penelitian observasi yang bisa saya sampaikan dan saya dan kelompok saya mengucapkan terimakasih karena telah membaca hasil observasi ini.



Nama Anggota kelompok:
1.Abi Bayu M(2)
2. Ainul Yaqin (1)
3. Aldi putra Pratama (6)
4. Reno Santoso (28)

Postingan populer dari blog ini

pembelajaran mengenai perubahan sosial